7 Penyakit Burung Kenari dan Obat untuk Mengatasinya

7 Penyakit Burung Kenari dan Obat untuk Mengatasinya

Ada beberapa penyakit burung kenari yang jarang diketahui oleh kicau mania. Padahal, sejumlah penyakit ini bisa sangat berbahaya dan menyebabkan kematian, jika tidak segera ditangani dengan baik.
Dengan mengetahui jenis-jenis penyakit kenari, pemilik bisa langsung menemukan solusi untuk mengobati mereka. Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penyakit Burung Kenari dan Obat untuk Mengatasinya

Ilustrasi burung kenari. Sumber foto: Unsplash

zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi burung kenari. Sumber foto: Unsplash
Dikutip dari buku Formulasi Pakan Burung ocehan dan Hias karya W. Widodo, kenari merupakan burung penyanyi yang sangat digemari oleh banyak orang karena memiliki variasi warna menarik.
Belum lagi, suara mereka dikenal sangat merdu, hingga bisa membuat siapa saja merasa nyaman ketika berada di dekat kenari. Karena itu, tak heran jika kenari banyak dibudidayakan dan dipelihara.
Namun, memelihara kenari memiliki tantangan tersendiri. Di mana ada beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang mereka. Apa saja penyakit tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. Pernafasan

Salah satu penyakit yang sering menyerang burung kenari adalah virus CRD dan bakteri. Virus ini menyerang pernafasan kenari, hingga membuat mereka kesusahan untuk bernafas secara normal/
Umumnya, penyakit ini bisa dialami oleh kenari karena tertular dari burung lain, keturunan, hingga tempat pakan dan minum yang kotor.

2. Mencret

Mencret atau berak air juga sering terjadi pada kenari. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu keracunan makanan dan saluran pencernaan yang terinfeksi oleh bakteri.

3. Kutu

Kutu merupakan penyakit yang biasa menyerang kenari, hingga membuat mereka jarang berbunyi. Faktor penyebab timbulnya kutu sendiri adalah kandang yang kotor dan jarang dibersihkan.
Untuk mengatasinya, pemilik bisa menggunakan obat antiobiotik kutu yang aman dan dikenal ampuh oleh para peternak.

4. Cacingan

Cacingan merupakan penyakit kenari yang bisa mengurangi nafsu makan, gairah, membuat burung terlihat lemas, dan mengalami mencret. Untuk mengatasinya, cobalah memberi obat cacing yang ampuh, sembari membersihkan kandang secara rutin.

5. Snot

Snot merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Hemophillus Gallinarum. Kenari yang terkena virus ini bisa mengalami pembengkakan di sekitar wajah.

6. Berak Kapur

Berak kapur adalah penyakit menular yang juga sering menyerang kenari. Cara mengobatinya bisa dengan menggunakan antibiotik dan isolasi di kandang khusus.

7. Penyakit Bulbul

Penyakit kenari yang terakhir adalah bulbul, yakni virus yang menyerang telapak kaki burung. Untuk mengatasinya, jagalah kebersihan kandang dan berikan kenari obat merah.
Itulah berbagai penyakit burung kenari beserta pilihan obat yang bisa diberikan untuk mengatasinya. (RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Hewan