4 Cara Mengobati Ikan Koi Sakit dengan Tepat

4 Cara Mengobati Ikan Koi Sakit dengan Tepat

Cara mengobati ikan koi sakit harus dilakukan dengan baik dan tepat supaya ikan tidak mati.
Dikutip dari buku Teknik Budi Daya Ikan Hias, ikan koi merupakan sejenis ikan yang termasuk carp amur (Cyprinus rubrofuscus) yang mempunyai ornamen sangat indah dan jinak.
Sama seperti hewan lainnya, ikan koi juga dapat terkena penyakit tertentu yang menyebabkan mereka sakit. Lantas, bagaimana cara mengobatinya?

Cara Mengobati Ikan Koi Sakit dengan Tepa

Apabila ikan koi sakit, berikut ini beberapa cara mengobatinya supaya kembali sehat.

1. Observasi

Apabila terlihat kondisi ikan koi mulai kurang sehat, langkah pertama yang harus dilakukan sang pemilik adalah dengan observasi pada kolam maupun ikan itu sendiri. Pemilik harus memperhatikan apa saja gejala tidak biasa yang terjadi pada ikan maupun kondisi kolam.

2. Menghentikan Pakan

Pemilik dapat menghentikan pemberian pakan kepada ikan koi selama 1 sampai 3 hari selama masa observasi. Tujuannya adalah agar sistem filter menetralisir amonia di kolam.
Pemilik tidak perlu khawatir karena ikan koi tetap bisa hidup walaupun tidak makan lebih dari 1 minggu. Sistem filter air harus diperhatikan karena amonia dapat mematikan ikan koi.

3. Mengganti Air

Air kolam harus diganti sebanyak 50% kemudian diisi dengan air yang baru. Namun jika pemilik merasa kesulitan karena ukuran kolam yang besar, maka penggantian air dapat dilakukan 20 sampai 30 persen saja.
Dengan demikian, kadar amonia yang berbahaya untuk ikan koi akan cepat berkurang. Jangan lupa untuk memperhatikan temperatur air supaya tetap sama dengan air yang lama supaya ikan tidak kaget.

4. Antibiotik

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, pemilik harus memperhatikan perilaku dan gerakan ikan. Apakah perilaku ikan semakin aktif, tidak berubah, atau justru semakin pasif.
Apabila kondisi ikan tidak kunjung membaik, maka pemilik dapat memberikan pengobatan berupa antibiotik kepada ikan koi. Namun jika kondisi ikan belum terlalu parah, maka pemilik dapat menggunakan garam sebagai pengobatannya.
Itu dia sekilas pembahasan mengenai cara mengobati ikan koi sakit dengan tepat. (LAU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Hewan