Bagaimana Cara Mengobati Sugar Glider yang Luka? Ini Jawabannya

Bagaimana Cara Mengobati Sugar Glider yang Luka? Ini Jawabannya

Cara mengobati sugar glider yang luka harus dipahami para pemiliknya. Dikutip dari buku Ensiklopedia Sugar Glider oleh Rudiyant, sugar glider merupakan hewan cepat dan lincah yang memakan serangga. Sama seperti hewan lainnya, sugar glider dapat terluka. Bagaimana cara mengobatinya?

Cara Mengobati Sugar Glider yang Luka

1. Memberi Amoxillin

Amoxillin dapat menjadi solusi apabila sugar glider mengalami bengkak dan luka. Dosis yang diberikan cukup sedikit dengan cara melembutkan kapsul amoxillin lalu dicampur ke minuman sugar glider.

2. Memberi Obat Luka

Cara mengobati sugar glider berikutnya adalah dengan memberikan obat luka khusus. Pilihan ini dapat diterapkan dalam berbagai kondisi, salah satunya apabila sugar glider terluka akibat pemotongan kuku. Obat dapat dioleskan atau diteteskan hingga lukanya sembuh dan kering.

3. Memberi Buah-buahan

Penyembuhan luka pada tubuh sugar glider dapat dipercepat melalui makanannya. Pemilik dapat memberi makanan rendah protein, terutama buah. Misalnya pisang, pepaya, semangka, dan kelengkeng.

4. Berhenti Memberi Makanan Berprotein Tinggi

Cara mengobati sugar glider yang luka selanjutnya adalah dengan mengurangi pemberian makanan berprotein tinggi. Mulai dari ulat hongkong, bubur bayi, jangkrik, sampai telur rebus. Pasalnya, kandungan protein berlebih dapat menyebabkan luka sugar glider semakin parah. Bahkan terdapat beberapa kejadian di mana luka tersebut sampai membusuk.

5. Memberi Madu

Madu merupakan salah satu obat yang bermanfaat bagi manusia maupun hewan. Pasalnya, minuman satu ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Demikian pula jika madu diberikan pada sugar glider yang tengah luka. Madu akan membantu mempercepat proses penyembuhannya. Caranya yakni dengan meneteskan madu ke minuman atau makanan hewan peliharaan.

6. Membawa ke Dokter Hewan

Apabila seluruh usaha sudah dilakukan, maka pemilik harus membawa sugar glider ke dokter Okewla hewan sesegera mungkin. Dokter hewan akan memberi penanganan serta obat yang sesuai sehingga kondisi sugar glider membaik. Nah itu dia sekilas pembahasan mengenai cara mengobati sugar glider yang luka.(LAU)
TERSEDIA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Hewan