Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi dengan Suara Merdu

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi dengan Suara Merdu

Merawat burung menjadi kegiatan yang bisa dilakukan ketika masih memiliki waktu luang setelah bekerja. Salah satu burung yang bisa dipelihara adalah burung perkutut.
Bagi yang tertarik memeliharanya, ada berbagai cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi dengan suara merdu. Pasalnya, suara dari burung perkutut merupakan salah satu daya tarik dari burung yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, simak dalam pembahasan berikut ini

4 Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

Dikutip dari buku Burung (Aves) karya Dhany Ardyansyah, (2023) burung perkutut adalah salah satu jenis burung yang asalnya dari Asia Selatan serta Asia Tenggara termasuk Indonesia. Burung ini memiliki ukuran yang sedang dan biasanya memiliki warna abu-abu.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi dan memiliki suara yang merdu.

1. Berikan Kandang yang Nyaman

Kandang adalah tempat tinggal burung perkutut, jadi harus memastikan kandangnya bersih dan nyaman. Bersihkan kandang secara rutin dari kotoran dan sisa makanan burung. Ganti alas bawah kandang dengan yang baru setiap beberapa hari sekali.

2. Mandikan dan Jemur Seminggu Sekali

Burung perkutut juga perlu mandi dan jemur untuk menjaga kesehatan dan kebersihan bulunya. Mandi akan membuat bulu burung perkutut lebih sehat, mengkilat, dan mencegah adanya kutu. Jemur akan membuat burung perkutut lebih aktif, ceria, dan rajin bunyi.
Cara terbaik untuk memandikan burung perkutut adalah dengan menggunakan tangan. Pemilik bisa menyiram air dari pancuran ke tubuh burung perkutut sambil memijatnya pelan-pelan. Untuk intensitasnya sebaiknya mandi seminggu sekali.
Sementara itu, waktu terbaik untuk menjemur burung perkutut adalah pagi hari antara jam 7 sampai jam 10. Pemilik bisa menjemur burung perkutut setiap hari selama 2 sampai 3 jam tergantung cuacanya.

3. Memberikan Pakan yang Berkualitas

Pakan adalah faktor penting yang mempengaruhi kesehatan, pertumbuhan, dan suara burung perkutut. Pakan utama burung perkutut adalah biji-bijian seperti milet, gabah, jewawut, ketan hitam, godem, kacang hijau, beras merah, dan tulang sotong.
Pemilik bisa memberikan pakan ini secara campuran atau bermerek yang sudah jadi. Pakan bermerek biasanya sudah dicampur dengan vitamin, madu, dan rempah-rempah lain yang baik untuk burung perkutut.

4. Lakukan Pemasteran

Pemasteran adalah proses melatih suara burung perkutut dengan cara memutar suara burung lain yang dianggap bagus dan merdu. Tujuan pemasteran adalah untuk menambah variasi dan kualitas suara burung perkutut.
Demikianlah beberapa cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi dengan suara merdu. (WWN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Hewan