4 Cara Merawat Burung Beo Agar Tumbuh Sehat dan Pintar

4 Cara Merawat Burung Beo Agar Tumbuh Sehat dan Pintar

animalclinicofhonolulu.com/-Untuk merawat burung beo diperlukan beberapa trik yang sesuai dengan karakteristik burung beo supaya bisa tumbuh sehat dan pintar. Dikutip dari buku Petunjuk Memilih Burung Ocehan Bakalan karya Drs. Sudradjad, MM, burung beo merupakan salah satu jenis burung yang pandai menirukan suara manusia.
Burung dengan nama latin Gracula religiosa ini berasal dari Asia Tenggara. Karena keunikan dan kecerdasannya inilah yang membuat burung beo banyak disukai orang. Di Indonesia, burung beo ada tiga macam, yaitu; beo lampung, beo medan, dan beo nias.

Perawatan Burung Beo

Burung beo merupakan salah satu jenis burung yang memiliki harga tinggi. Terutama burung yang sudah dapat menirukan suara manusia atau bahkan menyanyikan lagu. Beberapa burung beo harganya mencapi jutaan rupiah karena hafal pancasila dan lagu Indonesia Raya.
Penasaran, cara merawat burung beo agar pintar dan cepat dalam belajar? Berikut tipsnya:

1. Memberikan Vitamin

Cara merawat burung beo supaya sehat salah satunya dengan memberikan vitamin tambahan. Fungsi daripada vitamin ini agar nutrisi burung beo tercukupi. Pemberian vitamin dapat dilakukan setiap dua atau tiga kali dalam setiap minggu.

2. Memberikan Makanan yang Bervariasi

Sama seperti manusia. Variasi makanan juga diperlukan oleh hewan karena burung juga memiliki rasa bosan dan jenuh ketika makanan yang diberikan setiap hari sama.
Makanan-makanan yang disukai burung beo, seperti: sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan makanan sejenis roti-rotian. Berikan pilihan bervariasi diantara jenis-jenis makanan tersebut agar tidak bosan.

3. Mengajak Bermain

Burung beo merupakan jenis burung yang senang bersosialisasi dan melakukan interaksi. Mengajak bermain burung beo setiap hari dapat membuatnya bahagia dan terhindar dari rasa bosan, jenuh, maupun stress.
Jika tidak ada waktu untuk mengajaknya bermain setiap hari, siapkan beberapa mainan di dalam kandangn. Mainan yang baik adalah yang tidak membahayakan. Bisa terbuat dari kayu, plastik, atau bahan-bahan lainnya yang tumpul.

4. Memandikan Setiap Hari

Burung beo yang dimandikan setiap hari akan merasa lebih nyaman. Karena tubuhnya bersih dan terhindar dari kotoran yang menempel pada bulu-bulunya.
Manfaat lain ketika kebersihan tubuhnya terjaga adalah dapat merangsang burung beo untuk berkicau lebih merdu serta memperlambat tumbuhnya sisik di jari kaki.
Itulah 4 cara merawat burung beo yang cukup penting untuk diperhatikan agar burung beo tumbuh sehat dan pintar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Hewan