Cara Mengobati Musang Gemetaran dan Kejang-Kejang

Cara Mengobati Musang Gemetaran dan Kejang-Kejang

Cara mengobati musang gemetaran dan kejang-kejang merupakan pengetahuan yang sangat penting untuk dimiliki peternak musang. Dengan begitu, pemelihara bisa melakukan penanganan pertama ketika ada yang tidak beres dengan hewan kesayangan.

Cara Mengobati Musang Gemetaran dan Kejang-Kejang

Ilustrasi cara mengobati musang gemetaran. Sumber foto: pexels/Brixiv.

zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengobati musang gemetaran. Sumber foto: pexels/Brixiv.

1. Memberikan Vitamin B1

Penyebab musang gemetaran dan kejang-kejang biasanya karena kekurangan vitamin B1. Gejala-gejala yang muncul di antaranya; tubuhnya gemetar, sering mengalami kejang, jalannya merunduk dan mundur. Apabila sudah parah kakinya lumpuh alias tidak dapat jalan.
Jika musang pemeliharan mengalami gejala-gejala seperti, langkah penanganan pertama adalah memberikan vitamin B1. Kalau tidak segera ditangani kondisinya akan semakin memburuk.
Cara memberikan Vitamin B1 yaitu dihancurkan terlebih dahulu, kemudian dicampurkan ke dalam bubur atau pisang. Dosis yang dibutuhkan adalah separuh atau 1/2 sebanyak 2 kali sehari. Kurang lebih pemberian vitamin tersebut 4 hari.

2. Memberikan Vitamin B Kompleks

Setelah memberikan vitamin B1 selama 4 hari, langkah berikutnya yaitu memberikan vitamin B Kompleks dengan dosis 1/2 selama 5 hari. Untuk cara pemberiannya sama seperti ketika memberikan vitamin B1.

3. Menjemur

Setelah dua cara di atas dilakukan, selanjutnya adalah menjemur musang selama satu minggu atau tujuh hari berturut-turut.
Waktu yang baik untuk melakukan penjemuran adalah pukul 07.00-09.00 pagi. Durasi waktunya sekitar 10 menit. Disarankan untuk tidak terlalu lama karena dapat membuat penglihatan musang terganggu atau katarak.

4. Memberikan Anti Biotik, Vitamin B12, dan Vitamin C

Jika kondisi musang sudah cukup parah. Maka penanganan yang dilakukan lebih kompleks. Setelah memberikan vitamin B1, pada hari kedua disarankan untuk diberikan 1 tetes antibiotik cefixime 100 mg selama 2 hari.
Kemudian pada hari ke-3 dan ke-4 diberikan vitamin B kompleks, vitamin B12, selama tujuh hari berturut-turut. Lalu Vitamin C selama 5 hari berturut-turut.
Empat cara yang diuraikan di atas merupakan penanganan sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, jika keadaan musang sudah sangat parah, disarankan untuk memeriksakan ke dokter hewan agar dilakukan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Hewan