Ini Dia Cara Agar Sapi Lahap Makan Dan Minum, Harus Anda Tau!

Ini Dia Cara Agar Sapi Lahap Makan Dan Minum, Harus Anda Tau!

Cara agar sapi lahap makan dan minum merupakan hal yang wajin diketahui oleh para pemilik. Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Pasar yang luas serta harga jual relatif tinggi membuat sapi makin banyak diminati.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sapi dapat tumbuh sehat dan optimal. Salah satunya pemberian makan. Sapi yang memiliki nafsu makan baik biasanya akan cepat tumbuh besar.
Simak berbagai cara agar sapi lahap makan dan minum yang mudah dilakukan dalam ulasan di bawah ini.

Ketahui Cara agar Sapi Lahap Makan dan Minum

Sapi yang mempunyai selera makan tinggi tentu dapat menghasilkan daging serta susu berkualitas. Akan tetapi, masih banyak peternak yang bingung ketika mendapati sapi tidak mau makan atau mengalami penurunan nafsu makan.
Dalam situs disnakkan.grobogan.go.id, disebutkan jika kesehatan ternak merupakan salah satu faktor penting dalam usaha peternakan. Hal ini dikarenakan apabila hewan ternak sakit atau mati maka akan menimbulkan kerugian cukup besar.
Oleh sebab itu, kesehatan ternak seperti sapi patut dijaga. Salah satunya dengan memastikan pakan terbaik yang mampu meningkatkan nafsu makannya.
Lalu bagaimana bila sapi mengalami penurunan nafsu makan? Mari simak cara agar sapi lahap makan dan minum berikut ini.

1. Kenali Penyebabnya

Kenali penyebab hilangnya nafsu makan dan minum pada sapi agar dapat segera menemukan solusinya.
Beberapa hal yang mengakibatkan penurunan nafsu makan hewan mamalia tersebut antara lain gangguan pencernaan, demam, radang paru, cacingan, dan kembung.
Jika sudah diidentifikasi penyebabnya maka beri pengobatan tepat agar sapi kembali lahap makan serta minum.

2. Pemberian Ramuan Herbal

Sebagian peternak meyakini bahwa ramuan herbal atau tradisional dapat membuat sapi lahap makan dan minum. Jamu penambah nafsu makan pada sapi hampir sama seperti jamu manusia.
Untuk membuatnya siapkan jahe merah, kunyit putih, kunyit hitam, temulawak, jahe biasa, serai, dan garam. Berikan ramuan ini dua kali sehari dengan dicampurkan pada minuman atau dicekoki langsung.

3. Perhatikan Kualitas Pakan

Kendati beternak sapi memerlukan biaya untuk perawatannya, bukan berarti peternak menurunkan kualitas pakan demi menghemat anggaran.
Pastikan untuk memberi makanan berkualitas baik yang kaya nutrisi sebagai pakan sapi. Beberapa nutrisi yang harus terpenuhi antara lain lemak, karbohidrat, protein, mineral, serta vitamin.

4. Pemberian Suplemen

Salah satu suplemen yang diperlukan oleh sapi adalah probiotik yang dapat menyehatkan saluran pencernaan. Pemberian suplemen harus dengan dosis tepat agar mendapat hasil optimal. Suplemen tersebut dapat dicampurkan ke pakan atau minuman sapi.

5. Hindari Stres

Sapi yang tertekan secara mental atau stres akan mengalami penurunan nafsu makan. Karena itu, pastikan sapi nyaman agar terhindar dari stres dengan menjaga kebersihan kandang serta memastikan ketersediaan pakan dan minumannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Hewan