Ini Dia Cara Mudah Untuk Mengobati Mata Kambing Belekan Dan Memutih

Ini Dia Cara Mudah Untuk Mengobati Mata Kambing Belekan Dan Memutih

Belekan ternyata juga dapat menyerang kambing dan domba. Belekan atau pink eye memang tidak menyebabkan kambing mati tapi kita melihat kambing yang sakit mata maka kita sangatlah kasihan, untuk melihat makanannya mereka melek merem meskipun sebenarnya dibiarkan saja mata kambing yang belekan akan sembuh tapi begitu lama sekali, untuk itu kita harus mengobatinya agar kambing bisa melihat secara jelas. Cara mengobati mata kambing berwarna putih dan belekan bisa sobat simak artikel dibawah.

Ciri-Ciri Penyakit Mata Pada Kambing

Mata kambing mulai berair

Mata kambing terlihat memutih (jika terlambat mengobati)

Mata kambing terlihat memerah

Cara Mudah Mengobati Mata Kambing Belekan Dan Memutih

Obat alternatif penyakit mata kambing belekan adalah dumex yang biasa kita beli di warung warung biasanya digunakan nuntuk menyembuhkan luka gores atau luka luar seperti terkena sabit dll. Bisanya kita menyebutnya Domek atau “Dumocycline” 250 mg, obat ini berbentuk kapsul yang berwarna kunig kunyit yang berisi bubuk didalamnya.

Cara memberikan domek pada kambing adalah dengan cara domek dikeluarkan dari kapsul dan dicampur dengan minyak goring secukupnya lalu dioleskan pada mata kambing yang sakit.

Waktu pengobatan sebaiknya dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari, sampai terlihat perkembangan nya mata kambing sudah mulai mengering atau tidak berair lagi.

Belekan Pink eye sering disebut juga penyakit bular mata/ radang mata/ katarak, atau kelabu mata yang sering terjadi pada kambing maupun domba.

Pink eye disebut juga penyakit epidemik, karena ditempat yang telah terinfeksi dapat berjangkit kembali setiap tahunnya. Penyakit ini sering timbul dengan tiba-tiba terutama pada hewan dalam keadaan lelah. (Blood, dkk, 1983).

Pink eye dapat menyerang semua jenis ternak dan semua tingkat umur, tetapi hewan muda lebih peka dibandingkan dengan hewan tua. Penyebab utama pink eye pada sapi adalah moraxella bovis sedangkan pada domba dan kambing sering dikenal rickettsia colesiota, namun para ahli masih banyak berbeda pendapat ada yang menyebutkan penyebabnya bakteri, virus, chlamidia dan juga rickettsia. (Anonymous, 1998).

Penyebab

Pink eye dapat disebabkan oleh mikroorganisme pathogen, benda asing, trauma dan perubahan iklim. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya infeksi pink eye yaitu lalat, debu, kelembaban, musim, kepadatan hewan di dalam kandang serta kualitas makanan. (Anonymous, 1998).

Infeksi pink eye lebih banyak berjangkit pada peralihan musim kemarau dibandingkan dengan musim penghujan. Tetapi pada kasus yang kronis dapat berlangsung sepanjang tahun. (Made, 1997).

Gejala Yang Tampak

Masa inkubasi penyakit ini biasanya 2-3 hari, kadang-kadang lebih panjang, hewan penderita mengalami demam, depresi dan penurunan nafsu makan, mata mengalami konjunctivitis, kreatitis, kekeruhan kornea dan lakrimasi. Pada kasus yang berat dapat menimbulkan ulserasi kornea dan kebutaan. Pada kornea mata hewan yang sembuh dari penyakit ini terdapat jaringan parut. (Made, 1997)

 Cara Bekerjanya Penyakit

Pada infeksi akut sekresi mata bersifat purulen, pada bagian bawah mata selalu basah, photopobia (takut cahaya). Kekeruhan kornea dapat meluas menutupi seluruh permukaan lensa mata bila diamati terlihat bintik-bintik putih atau keabu-abuan di tengah bola mata. Apabila membrana nictitan robek, maka bakteri oportunis dapat masuk kedalamnya dan mengakibatkan terjadinya infeksi pada mata sehingga mengakibatkan kebutaan. (Anonymous, 1998).

Bintik-bintik putih semakin menebal dan menutupi permukaan kornea, cairan dari mata yang bersifat purulen saling melekat sehingga bulu mata lengket dan menyebabkan tergangunya penglihatan. Pada kasus yang kronis cairan mata keluar seperti nanah dan menempel di bawah permukaan mata sampai ke hidung bahkan mengeras membentuk keropeng. Pada infeksi ringan atau sub akut terlihat air mata cenderung keluar, kornea keruh dan sedikit pembengkakan pada jaringan sekitarnya. (Anonymous, 2004).

Cara Mendiagnosa

Diagnosa pink eye dapat dilakukan berdasarkan etiologi, epidemiologi dan berdasarkan gejala klinis. Pemeriksaan berdasarkan gejala klinis pada penderita pink eye akan menunjukan gejala seperti mata merah, kelopak mata bengkak dan lakrimasi yang meningkat. Pada kasus yang akut kornea mata keruh dan terjadinya pengapuran pada kornea mata. (Blood, dkk, 1983).

Pengobatan

Beberapa jenis antibiotik yang sering digunakan dalam pengobatan pink eye seperti larutan zinc sulfat 2.5%, salap mata sulfathiazole 5%, bacitrasin salap (R282), atau kombinasi anti bakterial dengan anestesi lokal (R289) atau serbuk urea-sulfa, yang digunakan secara lokal. Bisa juga dengan tetracycline, oxytetracycline/polymyxin B, atau erythromycine salep, yang diberikan 3-4 kali sehari, atau dengan pemberian larutan perak nitrat 1,5% (8-10 tetes) yang diberikan dengan interval 2-3 kali per minggu. (Blood dkk., 1983)

Cara yang paling ekonomis dalam pengobatan Pink eye yaitu dengan furazone powder atau penyuntikan LA 200 secara intra musculus maupun diteteskan pada mata, tetapi waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan sangat lama. Adapun Komposisi LA 200 terdiri atas : Gentamycin 100mg/ml : 10 ml, Dexamethasone, 2mg/ml : 10 ml, Aquadestilata  : 10 ml. (Anonymous, 2005)

Pencegahan

Usaha pencegahan dapat dilakukan dengan mengetahui sumber infeksi dan cara penularannya sehingga dapat dilakukan usaha pencegahan antara lain :

  1. Memusnahkan hewan karier yaitu hewan yang dianggap sebagai sumber infeksi segera diisolasi dari kawanan ternak
  2. Hewan yang terinfeksi segera dikandangkan (isolasi) pada tempat yang gelap, guna untuk menghindari kontak dengan hewan yang sehat baik secara langsung atau tidak langsung seperti dinding kandang, air minum tempat pengembalaan dengan demikian dapat terhindar dari lalat yang merupakan vektor dari jasad renik tersebut.
  3. Sanitasi yaitu dengan menjaga kebersihan kandang serta lingkungan yang bersih serta terbebas dari genangan air.
  4. Mengurangi jumlah hewan di dalam kandang. Akibat terlalu padat hewan didalam kandang dapat menyebabkan kontaminasi sesama.
  5. Pemberian makanan yang cukup mengandung vitamin A atau padang pengembalaan yang baik sehingga dapat terhindar timbulnya infeksi.

Berdasarkan uraian diatas maka dapat diambil kesimpulan antara lain :

  1. Penyakit Pink eye merupakan salah satu penyakit yang cepat menular kepada hewan yang lain.
  2. Hewan yang menderita penyakit Pink eye dapat bersifat karier.
  3. Pada kasus yang kronis  kalau tidak diobati dapat terjadi kebutaan.
  4. Pink eye dapat menyebabkan kerugian ekonomi bagi peternak seperti penurunan berat badan, dan penurunan produksi.
  5. Kesukaran dalam penanggulangan pink eye yang disebabkan oleh banyaknya faktor predisposisi dan agent penyebab.
  6. Tindakan pencegahan yaitu dengan cara menyingkirkan hewan karier serta menjaga kualitas makanan.

Obat Herbal untuk Kambing Yang Terkena Belekan / Pink Eye

Kambing yang terserang belekan aktivitasnya bakal terganggu, ini dikarenakan oleh trauma dampak tertusuk ujung rambut, debu dan duri. Mesikipun demikian penyakit ini bisa dikarenakan oleh bakteri, virus, Chlamidia dan Ricketsia.

Tanda Kambing Belekan :

Mata mengeluarkan air, tertutup dan berkedip-kedip. Mata membengkak, merah, kemudian keruh dan muncul borok pada selaput bening hinga mengalami kebutaan.

Pencegahan :

Kebersihan kandang dijaga/sanitasi, pisahkan ternak yang sakit. Pakan dipotong singkat supaya tak melukai mata. Memandikan kambing 1 bulan 2 kali pada waktu cuaca cerah.

Obat Herbal Untuk Kambing Yang Belekan :

  1. Mata kambing dicuci dengan air hangat. Semprotkan dengan teh dan garam yang dilarutkan dalam air hangat. Penyemprotan dilakukan dengan mulut kita. Setelah disemprot berikan obat tetes mata atau salep mata manusia. Pengobatan ini dilakukan setiap hari hingga sembuh. Bisa juga mata yg sakit di teteskan OXYVET LA alias Erlamicetin
  2. Obat Herbal Untuk Kambing Yang Mencret Atau Diare
  3. Mencret terjadi akibat adanya gangguan pada saluran pencernaan yang dikarenakan oleh bakteri, makanan rusak, dan lingkungan alias udara dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Hewan