Pengobatan Kelinci Rumahan Yang Terjangkit Penyakit

Pengobatan Kelinci Rumahan Yang Terjangkit Penyakit

I. KUKU KAKI PATAH ATAU BERDARAH

Jika kuku kelinci Anda patah, atau jika kuku Anda terpotong terlalu dekat dengan pembuluh darah, berikan tekanan dengan handuk bersih selama beberapa menit, hingga pendarahannya berhenti. Jika suka, Anda bisa menggunakan bubuk obat penahan darah (tersedia di toko obat), tepung terigu, atau bahkan sabun batangan yang dioleskan pada ujung kuku untuk membantu menghentikan pendarahan. Jika kuku patah tepat di pangkalnya, bersihkan area tersebut secara menyeluruh dengan Nolvasan (Anda bisa mendapatkannya melalui dokter hewan), dan oleskan tipis-tipis salep tiga antibiotik biasa, seperti Neosporin (bukan Neosporin Plus, atau produk lain yang mengandung kortison!!!) Usahakan kelinci Anda berada di lingkungan yang sebersih mungkin sampai Anda dapat menemui dokter hewan — untuk mencegah kotoran mencemari lokasi cedera. Pastikan untuk menemui dokter hewan untuk perawatan lanjutan terhadap jenis patah tulang kedua ini, karena infeksi bakteri dapat menyebar ke tulang dan menyebabkan masalah serius.

II. PATAH TULANG 

Bawalah kelinci Anda ke klinik darurat mana pun, agar tulangnya dapat stabil sampai Anda dapat menemui dokter hewan kelinci biasa. Jika klinik darurat perlu membius kelinci Anda untuk melakukan rontgen atau menstabilkan kaki, isofluran adalah anestesi pilihan untuk kelinci. Jika Anda tidak dapat pergi ke klinik darurat, lakukan yang terbaik untuk membatasi pergerakan kelinci Anda sampai Anda dapat menemui dokter hewan. Ini akan membantu mencegah cedera lebih lanjut. Pastikan kelinci Anda memiliki akses mudah terhadap makanan dan air sehingga ia tidak perlu berpindah-pindah untuk mendapatkannya.

AKU AKU AKU. MATA AIR 

Mata berair biasanya bukan merupakan keadaan darurat, tetapi jika kelinci Anda mengalami trauma pada matanya yang mengakibatkan goresan atau bisul kornea yang serius, Anda harus segera mendapatkan perawatan dokter hewan. Jika Anda dapat pergi ke klinik darurat hewan, mata dapat diwarnai untuk menilai kerusakannya, dan dokter hewan darurat dapat memberikan obat tetes antibiotik (biasanya obat tetes mata tribiotik) atau salep, untuk membantu Anda sampai Anda dapat menemui dokter hewan. Jangan memasukkan obat apa pun ke mata kelinci Anda kecuali diberikan oleh dokter hewan yang berkualifikasi untuk tujuan tersebut. Banyak orang mencoba mengobati mata kelinci mereka dengan sisa obat anjing/kucing/manusia, seringkali dengan konsekuensi yang membawa malapetaka. Jika mata kelinci Anda mengeluarkan cairan atau lengket (seringkali terlihat seperti direkatkan), Anda dapat menggunakan kompres hangat untuk melonggarkan kotoran dan membersihkan area luar di sekitar mata. Kelinci biasanya sangat menghargai upaya ini, dan sering kali akan memiringkan kepalanya untuk bekerja sama dengan Anda.

IV. Anoreksia Atau PENURUNAN BERAT BADAN 

Penyebab paling umum dari anoreksia/penurunan berat badan adalah: 1) masalah gigi, 2) nyeri gas, 3) masalah pencernaan. Jika Anda tidak dapat menghubungi dokter hewan, Anda dapat mencoba membedakan penyebab anoreksia kelinci Anda dengan memperhatikan perilakunya secara cermat.

MASALAH GIGI

Kelinci Anda mendekati makanan — bahkan mungkin mengambilnya dan mulai memakannya– tetapi kemudian mundur atau menjatuhkan makanan tersebut tanpa menghabiskannya. Dia tampak lapar, tetapi tidak mampu atau tidak mau makan – bahkan  mentraktirnya . Tingkat aktivitasnya kurang lebih normal. Saat Anda menggosok pipinya, Anda mungkin melihat respons nyeri akibat taji di gigi geraham atasnya. Jika masalahnya tidak didiagnosis secara akurat dan segera diperbaiki, kelinci Anda mungkin mulai menunjukkan gejala sakit perut atau masalah pencernaan (lihat di bawah) — hanya karena tidak makan secara normal.

APA YANG BISA ANDA LAKUKAN SAMPAI KEPADA VETODE:   Anda dapat mencekok paksa dia (labu kalengan, sayuran makanan bayi, misalnya) dengan menggunakan jarum suntik. Anda bisa memberinya cairan subkutan. Jika dia kembung karena tidak makan dengan benar, ikuti saran di bawah ini.

NYERI GAS

Kelinci Anda sedang duduk membungkuk dan diam. Dalam beberapa kasus, ia mungkin meregang sepenuhnya, memberikan kesan bahwa ia mencoba menekan perutnya ke lantai. Anda menawarinya hadiah, dan dia sama sekali tidak tertarik. Kadang-kadang (meskipun tidak selalu) Anda dapat mendengar suara gemericik yang sangat keras dari perutnya — bahkan dari seberang ruangan. Faktanya, suara ususnya yang terdengar melalui stetoskop bisa memekakkan telinga. Anda mungkin mendengar suara gemeretak gigi yang keras – yang merupakan tanda pasti rasa sakit (kedengarannya sangat berbeda dari suara gemeretak gigi yang lembut yang menandakan kesenangan; terkadang terdengar jelas di seluruh ruangan). Perutnya mungkin (atau mungkin tidak) terasa terlalu meregang dan kencang. Kelinci yang sakit gas seringkali memiliki suhu tubuh yang rendah (misalnya 97; normalnya 101-103).

APA YANG BISA ANDA LAKUKAN SAMPAI KE VET:   Ukur suhu tubuhnya!! Jika suhunya lebih rendah dari biasanya, hangatkan dia! Anda dapat melakukan ini dengan memberinya botol air panas yang dibungkus atau bantal pemanas, dengan suhu rendah — selama kawatnya terlindungi dengan baik sehingga ia tidak dapat mengunyahnya, dan selama ia dapat dengan mudah melepaskan bantalan pemanas tersebut jika dia menjadi terlalu hangat. (PERINGATAN: Bantalan pemanas dapat menyebabkan luka bakar dan cedera parah jika disalahgunakan. Beberapa dokter hewan, yang sering melihat cedera ini, tidak menyarankan penggunaan bantalan pemanas sama sekali karena alasan ini. Jangan gunakan pengaturan apa pun selain rendah untuk kelinci Anda. Bantalan tersebut mungkin tidak terasa hangat bagi Anda, namun demikian juga bagi kelinci Anda!! ) Anda juga dapat menghangatkannya dengan panas tubuh Anda sendiri: peluklah ia dalam pelukan Anda, dekat dengan tubuh Anda, untuk waktu yang lama (satu jam, atau bahkan lebih lama). Beri dia Phazyme (simetikon pediatrik) – dua atau tiga dosis 1 cc, dengan selang waktu satu jam. Beri dia pijatan perut yang sering dan lama (10 – 15 menit, atau selama dia bisa mentoleransi), setidaknya sebagian dapat dilakukan dengan mengangkat bagian belakang tubuhnya (seperti yang ditunjukkan pada konferensi ini). Ukur suhu tubuhnya secara berkala untuk memantau dampak upaya Anda menghangatkannya.

Apa pun yang Anda lakukan, rewellah dia. Ada banyak bukti berdasarkan pengalaman (dari banyak pembina HRS dan pihak lain) yang menunjukkan bahwa kelinci yang selalu direwel akan memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Anda juga dapat memberikan cairan subkutan, seperti yang dibahas oleh para dokter hewan dalam konferensi ini— sekitar 30 cc untuk kelinci seberat dua pon, 50cc untuk kelinci seberat empat pon — dua atau tiga kali sehari — hingga Anda dapat menemui dokter hewan. Cairan Sub-Q akan membantunya tetap terhidrasi dengan baik. Anda dapat menghangatkan cairan sub-q dengan memasukkan kantung ke dalam panci berisi air, didihkan air, dan masak kantung cairan selama beberapa menit. Uji suhu di pergelangan tangan Anda sebelum memberikan cairan. Suam-suam kuku adalah yang terbaik.

MASALAH GASTROINTESTINAL

Sangat mirip dengan gejala nyeri gas: kelinci Anda duduk dalam posisi seperti roti, tidak mau makan dan sering kali tidak mau bergerak. Produksi fesesnya akan berubah: ukuran fesesnya akan menjadi jauh lebih kecil atau ia akan berhenti memproduksi feses sama sekali. Suhu tubuhnya biasanya akan turun. Mungkin terdapat suara usus yang keras, atau hampir tidak ada suara usus melalui stetoskop.

APA YANG BISA ANDA LAKUKAN SAMPAI KEPADA VETODE:  Ikuti saran untuk mengatasi nyeri akibat gas (di atas): kehangatan, pijat perut, pereda gas jika perlu, cairan subkutan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca artikel GI stasis oleh Dana Krempels:  Gi Stasis – The Silent Killer

PERINGATAN: Jika ada kemungkinan kelinci Anda mengalami penyumbatan GI, jangan coba-coba memberinya makan secara paksa! Ini hanya akan memperburuk masalah. Tugas Anda yang paling penting adalah memantau suhu tubuhnya, dan menjaganya tetap nyaman dan terhidrasi sebanyak mungkin sampai Anda dapat menemui dokter hewan kelinci biasa.

V. KEPALA MIRING 

Kelinci Anda kehilangan keseimbangan dan kepalanya mulai berputar ke arah langit-langit; dia tampak seperti sesuatu yang keluar dari The Exorcist. Dia pusing, tidak bisa mendapatkan kembali koordinasi. Jika dia mencoba berjalan atau melompat, dia terjatuh dan mulai berguling-guling. Dalam beberapa kasus, matanya bergerak maju mundur dengan sangat cepat, dan iris mata tampak hampir bergetar.

APA YANG BISA ANDA LAKUKAN SAMPAI KE VET:  BANTU LINGKUNGAN KELINCI ANDA!!! Tugas utama Anda sampai Anda dapat menemui dokter hewan adalah mencegah kelinci Anda melukai dirinya sendiri saat ia benar-benar tidak terkoordinasi dan/atau berguling. Siapkan sebuah kotak (atau lingkungan lain yang dibatasi dengan hati-hati) untuknya, yang dilapisi handuk tebal atau kulit domba palsu. Idenya adalah untuk memberinya lingkungan yang benar-benar empuk dan menyerap yang akan membatasi gerakannya yang menggelinding dan tidak terkendali sampai ia bisa mendapatkan perawatan penuh.

Presentasi yang memiringkan kepala bisa sangat menakutkan bagi para pengasuh. Banyak dokter hewan anjing dan kucing yang akan memberi tahu Anda bahwa kelinci yang kepalanya dimiringkan sebaiknya disuntik mati saja. Namun, pengalaman dari banyak dokter hewan kelinci yang hebat telah menunjukkan bahwa, dengan pengasuh yang berdedikasi (perawatan dapat berlangsung selama beberapa bulan) dan kelinci yang suka berkelahi, kemiringan kepala dapat ditangani dengan sangat memuaskan, dan banyak (jika tidak sebagian besar) ) kelinci dapat pulih sepenuhnya, atau hampir pulih sepenuhnya. Catatan: Kelinci yang memiringkan kepala sering kali tetap memiliki nafsu makan yang sehat, namun kurangnya koordinasi membuat mereka sangat sulit untuk makan atau minum. Bantu kelinci Anda untuk makan atau minum dengan cara apa pun yang Anda bisa: pegang botol air di dekat mulutnya, atau suntikkan air dengan hati-hati ke dalam mulutnya melalui sisi mulutnya (perhatikan untuk memastikan dia tidak menyedotnya!), pegang makanannya ( sayuran,  jerami ) untuknya, dan mempersembahkannya sepotong demi sepotong, dll.

VI. DIARE PARAH 

Diare, tidak sama dengan feses yang lembek dan lembek, yang menempel di pantat kelinci (biasanya produksi cecal berlebih). Keluarnya cairan berwarna coklat dan encer, yang seringkali banyak. Kelinci mungkin lemas dan sangat lemah. Karena menyebabkan dehidrasi yang begitu cepat, diare dapat mengancam nyawa. Jika Anda bisa pergi ke klinik darurat hewan, kelinci Anda bisa menerima cairan subkutan. Jika tidak ada klinik serupa di dekat Anda, tanyakan kepada dokter hewan Anda sekarang — sebelum keadaan darurat terjadi — untuk mengajari Anda cara memberikan cairan di rumah. Diare jenis ini umumnya disebabkan oleh parasit (coccidia) atau  antibiotik yang tidak tepat  yang diberikan oleh dokter hewan yang bermaksud baik (tetapi tidak berpengetahuan luas). Temui dokter hewan Anda yang paham kelinci sesegera mungkin untuk diagnosis yang tepat dan perawatan lanjutan.

VII. GIGITAN 

Kelinci sering kali menimbulkan gigitan serius satu sama lain, jika ikatannya tidak benar. Bakteri yang masuk ke dalam luka gigitan dapat menyebar melalui aliran darah dan menyebar ke area tubuh lainnya, yang pada akhirnya menghasilkan abses. Oleh karena itu, Anda harus meminta dokter hewan untuk memeriksa gigitan apa pun kecuali gigitan yang paling dangkal.

APA YANG DAPAT ANDA LAKUKAN SAMPAI KEPADA VETODE:   Jika terjadi pendarahan serius, berikan tekanan hingga terbentuk gumpalan. Basuh perlahan area sekitar luka gigitan dengan larutan Nolvasan (klorheksidin). Oleskan lapisan Neosporin biasa yang sangat tipis (salep tiga antibiotik); jangan gunakan Neosporin Plus! Jika gigitannya parah, cobalah pergi ke layanan darurat dokter hewan. Dokter hewan darurat dapat membersihkan dan membalut lukanya.

Sebagian besar luka gigitan kelinci yang dangkal dapat diobati dengan mencukur rambut dan mengoleskan salep serta balutan topikal sampai Anda dapat menemui dokter hewan biasa. Jika dokter hewan darurat merasa antibiotik sistemik harus diberikan karena luasnya gigitannya, pastikan penisilin oral dan turunannya (seperti amoksisilin) ​​tidak digunakan. Mikotil dan sefalosporin juga harus dihindari.

Beberapa antibiotik yang ramah kelinci: Baytril (dan fluoroquinolones lainnya, seperti Orbax, Dicural, Ciprofloxacin, Maxaquin), Trimethoprim Sulfa (alias: Sulfatrim, Bactrim, Tribrissen, TMP-SMZ), kloramfenikol (berhati-hatilah agar tidak menyentuhnya saat memberikan itu; dapat menyebabkan anemia aplastik pada beberapa orang), Gentocin (dan aminoglikosida lainnya – meskipun ini perlu digunakan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan telinga dan ginjal). Meskipun penisilin biasanya bukan obat pilihan pertama untuk sebagian besar penyakit kelinci (dan tidak boleh diberikan secara oral), Pen-G Procaine yang disuntikkan bisa sangat berguna untuk jenis masalah tertentu.

VIII. DEMAM MENDATANG 

Jika kelinci Anda tiba-tiba mengalami demam yang sangat tinggi (kita pernah melihat demam setinggi 106 atau 107 — yang secara harfiah tidak termasuk dalam sebagian besar termometer), dinginkan dia dengan menyeka telinganya dengan alkohol atau es batu yang dibungkus handuk basah. Anda juga bisa mencelupkan jari Anda ke dalam air es dan membelai telinganya dengan lembut selama beberapa menit setiap kali. Usahakan untuk menurunkan suhu tubuhnya menjadi sekitar 104 (normalnya 101-103), yaitu demam yang bermanfaat bagi tubuhnya, bukan merugikan. Pendinginan ekstra dapat dicapai dengan mengambil kaleng dingin atau kotak sayuran beku dari lemari es Anda, membungkusnya dengan handuk, dan mengemasnya di sekitar kelinci Anda. Berikan cairan subkutan sesegera mungkin. Temui dokter hewan Anda, secepatnya, untuk pemeriksaan menyeluruh, diagnosis, dan tindak lanjut.

Keyword Terkait :

AGEN TOGEL 4D

NANA4D

NANA4D

SITUS TOGEL 4D

NANA4D

SITUS TOTO

SITUS TOTO

NANA4D

NANA4D

BO TOGEL

NANA4D

NANA4D

SLOT DEMO

NANA4D

SLOT DEMO

SLOT DEMO

SITUS TOTO

SITUS TOTO

NANA4D

Slot Demo

Slot Demo

TOGEL TERPERCAYA

Bet4d

Bet4d

Bet4d

Bet4d

Bet4d

Bet4d

Bet4d

Bet4d

Bet4d

Bet4d

Link agen togel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Hewan