Ini Dia 4 Tanda Kucing Peliharaan Sakit, Harus Anda Ketahui

Ini Dia 4 Tanda Kucing Peliharaan Sakit, Harus Anda Ketahui

Animalclinicofhonolulu.com – Saat kucing peliharaan sakit, penanganan medis mungkin perlu diberikan segera agar kondisinya tidak memburuk. Biasanya, akan muncul sejumlah gejala yang bisa menjadi tanda awal dan harus diwaspadai. Semakin cepat dibawa ke dokter hewan, risiko munculnya kondisi berbahaya dan komplikasi penyakit bisa dihindari.

Umumnya, kucing merupakan hewan peliharaan yang memiliki tingkah lucu, ceria, serta senang bermain. Itulah yang menjadi alasan mengapa hewan berbulu ini menjadi salah satu hewan peliharaan favorit. Perubahan sikap dan keaktifan hewan ini bisa menjadi tanda kucing peliharaan sakit. Lantas, kapan harus membawanya ke dokter hewan?

Tanda Kucing Peliharaan Sakit yang Harus Diwaspadai 

Saat kucing peliharaan sakit, pertolongan medis yang diberikan oleh dokter hewan sangat dibutuhkan. Maka dari itu, pastikan untuk selalu memantau kondisi kesehatan kucing dan gejala yang ditunjukkan. Ada beberapa perubahan yang bisa menjadi tanda kucing peliharaan sakit dan harus segera dibawa ke klinik hewan, di antaranya:

  1. Gangguan Pernapasan 

Salah satu gejala utama yang harus diwaspadai adalah perubahan pada cara kucing peliharaan bernapas. Jika hewan peliharaan ini mengalami kesulitan bernapas, bisa jadi itu adalah tanda ada gangguan pada organ jantung atau paru-paru yang menyebabkan kadar oksigen rendah. Segera bawa kucing peliharaan ke dokter hewan jika mengalami gejala:

  • Bernapas dengan mulut terbuka,
  • Napas terlalu cepat atau terlalu lambat,
  • Napas pendek dan sulit,
  • Mengi, batuk, atau muntah saat bernapas.

Gejala di atas bisa menjadi tanda berbahaya. Jika ragu, kamu bisa menghubungi dokter hewan terlebih dahulu sebagai pertolongan pertama. Pakai aplikasi Animal untuk menyampaikan gejala yang dialami oleh hewan peliharaan melalui Video/Voice Call atau Chat. Download aplikasi Animal sekarang di App Store atau Google Play!

  1. Lemas dan Lesu

Jika kucing peliharaan menunjukkan cara bergerak yang aneh, bersikap lesu dan lemas atau sering bersembunyi dalam waktu lama, itu bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah. Tanda lain yang harus diwaspadai adalah ketika hewan peliharaan tidak bereaksi terhadap rangsangan dan terlihat sering mengantuk.

  1. Kehilangan Nafsu Makan 

Kehilangan nafsu makan juga bisa menjadi tanda kucing peliharaan sakit, terutama jika sebelumnya kucing memiliki nafsu makan tinggi. Selain itu, warna mata dan gusi kucing juga akan terlihat pucat. Jika itu yang terjadi, sebaiknya segera bawa ke klinik hewan terdekat.

  1. Gangguan Buang Air 

Gangguan buang air kecil maupun buang air besar juga harus diwaspadai. Kondisi ini bahkan bisa menjadi tanda gangguan kesehatan serius dan mengancam jiwa yang harus segera ditangani. Waspadai jika kucing peliharaan menunjukkan gejala mengejan dan kesakitan saat buang air kecil, jarang atau tidak pernah buang air, serta muntah dan diare dalam jangka panjang. Kondisi ini harus segera ditangani karena bisa memicu dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh.

Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan 

Mendapati kucing peliharaan sakit memang bisa membuat panik dan patah hati. Namun, sebaiknya hindari perasaan panik. Sebaliknya, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah tetap tenang dan hubungi tenaga ahli. Selain itu, pastikan juga untuk selalu menjaga kondisi kucing tetap hangat dan jangan terlalu banyak bergerak.

Perhatikan setiap perubahan yang ditunjukkan oleh kucing, catat jika diperlukan. Hal ini nantinya akan membantu dokter hewan saat melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan untuk menangani kucing peliharaan yang sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Hewan